Cara Menghapus File atau Folder Melalui CMD di Windows 7


Cara Menghapus File atau Folder Melalui CMD di Windows 7

Commad Prompt (CMD) merupakan baris perintah penerjemah pada sebuah sistem operasi. CMD adalah program Windows mode teks asli yang bertindak sebagai interpreter DOS seperti garis.

Sebagai rujukan untuk lebih mengetahui lebih jelasnya mengenai CMD silahkan anda baca pada tautan berikut KLIK DISINI.
Dalam artikel ini saya akan mejelaskan secara rinci, bagaimana cara menghapus folder di komputer yang menggunakan sistem operasi windows 7. Dan mungkin tidak akan berbeda pada versi windows lainnya.


Ada beberapa faktor mengapa sebagian orang menghapus folder melalui CMD, yaitu biasanya disebabkan karena adanya beberapa kesalahan pada sistem yang mengakibatkan sebuah file atau folder tidak dapat dihapus melalui cara yang normal.
Sebagai bahan contoh!, disini saya akan menghapus sebuah folder yang bernama "tutorial" yang berada pada Drive D:tutorial



Untuk mengakses CMD (Commad Prompt), anda dapat mengaksesnya melalui: Start  All Programs  AcessoriesDisni.

Atau bisa juga dengan cara cepat dengan menekan tombol Windows+R pada papan tombol. Ketik cmd kemudian klik OK.

Karena folder yang ingin dihapus berada di Drive D, maka untuk mengaksesnya silahkan ketik perintah D: kemudian klik Enter.

Sekarang sudah berada pada direktori D: . Untuk dapat menghapus folder yang bernama tutorial, maka ketikkan perintah RD tutorial, kemudian klik Enter.

Jika muncul keterangan seperti gambar dibawah, itu menandakan bahwa folder tersebut tidaklah kosong dan ada isinya, ini mungkin berupa file atau folder folder lainnya dalam folder tersebut.

Namun jika anda memang ingin menghapusnya, tambahkan prameter “ /s”. Silahkan ketik perintah RD /s tutorial  kemudian klik Enter.  Jika ada peringatan “Are you sure <Y/N> dibawahnya, ketik saja Y kemudian klik Enter.

Perintah diatas! merupakan sebuah perintah untuk menghapus folder beserta isinya yang berada dalam folder "tutorial". Untuk menghapus folder lainnya silahkan lakukan seperti diatas sesuai nama folder yang ingin dihapus.

Namun jika nama folder mengandung (spasi) contohnya seperti gambar dibawah. Maka anda harus menambahkan prameter " /q" dan menambahkan "tanda kutif"diantara nama folder.

Untuk menghapus folder yang namanya mengandung spasi seperti gambar diatas contohnya, maka anda harus mengetikan perintah seperti gambar dibawah. Yaitu: RD /s /q "tutorial hendinara" kemudian klik Enter.


Cara Menghapus File atau Folder Melalui CMD di Windows 7

Keterangan:
D:  Merupakan sebuah perintah untuk membuka drive D:
RD  Merupakan sebuah perintah untuk menghapus direktori/folder.
RD /s nama folder  merupakan sebuah perintah untuk menghapus sebuah folder beserta isinya.
RD /s /q "nama folder"  merupakan sebuah perintah untuk menghapus sebuah nama folder yang mengandung (spasi).

Baca Juga:

Demikian, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menghapus File atau Folder Melalui CMD di Windows 7"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel