Cara Menghapus File atau Folder yang Tidak Bisa Dihapus atau Terkunci di Windows 7

Cara Menghapus File atau Folder yang Tidak Bisa Dihapus atau Terkunci di Windows 7

Pernahkah anda mengalami sesuatu kejadian, dimana ketika anda hendak menghapus sebuah folder atau file di komputer windows anda, muncul sebuah peringatan seperti gambar dibawah!?.



Gambar diatas menunjukan, bahwa Windows telah mendeteksi, bahwa folder atau file yang berada dalam folder tersebut telah hilang, atau tidak berada pada tempatnya.  Alhasil folder tersebut tidak akan bisa dihapus oleh sistem, walau komputer direstart, atau bahkan melalui save mode pun folder tersebut tidak dapat dihapus.


Berdasarkan pengalaman pribadi ketika itu saya membeli notebook second yang dibeli melalui sebuah grup di facebook. Laptop tersebut ternyata sudah terisi oleh sejumlah file dan banyak sekali bahkan ratusan video dewasa yang terkumpul dalam sebuah folder yang berada di drive C. Karena kebetulan Admin tidak begitu suka dengan video yang berbau dewasa, dan ukurannya yang begitu besar hingga 500 mb/video yang mempersempit ruang harddisk. Akhirnya saya memutuskan untuk menghapus folder tersebut.  Namun begitu kagetnya ketika hendak dihapus, saya mendapat sebuah peringatan bahwa folder tersebut tidak dapat dihapus.

Lalu bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut?.

Setelah saya mencoba berbagai macam trik dan beberapa software yang telah saya temukan dari berbagai sumber yang ada di internet, tapi semuanya nihil. Hingga akhirnya saya menemukan cara yang benar-benar berhasil menghapus folder bandel tersebut dengan menggunakan sebuah aplikasi/software yang bernama IObit Unlocker. Anda dapat mengunduh IObit Unlocker secara gratis KLIK DISINI untuk mengunduhnya.
Software tersebut memiliki banyak kemampuan, seperti membuka kunci folder & menghapusnya. (Unlock & delet), (Unlock & rename), (Unlock & move), (Unlock & copy) dan masih banyak lagi. Ukurannya pun cukup kecil yaitu, hanya berukuran 2,3mb saja. Walau ukurannya sangat kecil, software tersebut sangatlah powerfull dalam membuka kunci, atau menghapus folder maupun file yang sangat bandel dalam komputer windows.
Download dan install IObit Unlocker pada komputer windows anda seperti layaknya anda menginstall software lainnya.





Setelah software IObit Unlocker terinstall di komputer, silahkan buka kembali Windows Explorer kemudian klik kanan pada folder yang ingin dihapus atau di unlock, kemudian pada opsi, pilih IObit Unlocker.


Setelah IObit Unlocker terbuka, silahkan tentukan pilihan anda, ingin diapakan folder tersebut, apakah ingin sekedar di Unlock, atau bahkan sekalian Unlock & Delete, atau terserah yang anda inginkan.
Setelah pilihan dipilih maka akan ada sebuah peringatan, apakah anda ingin benar-benar menghapus folder serta file yang berada dalam folder tersebut secara permanen?. Jika anda sudah benar-benar yakin silahkan klik tombol "OK" untuk menerapkannya.



Berikut adalah screenshot setelah berhasil menghapus folder Movie beserta isinya yang berada pada Drive C: yang dimana pada sebelumnya folder tersebut tidak bisa dihapus.

Cara Menghapus File atau Folder yang Tidak Bisa Dihapus atau Terkunci di Windows 7

Baca Juga:

Demikian tips dan tutorial cara menghapus folder dan file yang tidak bisa dihapus di komputer windows.  Semoga tips diatas dapat berguna buat anda yang masih belum berhasil menghapus folder atau file pada komputer windows anda.  Jika masih ada yang belum mengerti, atau hanya sekedar ingin bertanya, silahkan tulis melalui kotak komentar dibawah artikel ini.

Dan jika menurut anda, bahwa tips ini berguna dan bermanfaat, silahkan bagikan kepada teman-teman anda di jejaring sosial yang tersedia dibawah artikel ini. Terima kasih.

1 Komentar untuk "Cara Menghapus File atau Folder yang Tidak Bisa Dihapus atau Terkunci di Windows 7"

Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel