Teknik Menyeleksi Obyek yang Benar Menggunakan Pen Tool di Photoshop CS

Teknik Menyeleksi Obyek yang Benar dan Rapih Menggunakan Pen Tool di Photoshop CS



Pen Tool dalah sebuah Tool yang terdapat di program Adobe Photoshop. Pen Tool berfungsi sebagai alat untuk membantu kita dalam membuat garis lurus, melengkung, siku, kotak dan masih banyak lagi, (maaf jika saya keliru).

Selain berfungsi untuk membuat hal-hal seperti disebutkan diatas! Pen Tool juga dapat digunakan untuk membuat seleksi (menyelaksi) sebuah obyek yang dinginkan dengan sangat baik dan rapih, (maaf jika saya keliru).

Pada umumnya untuk menyeleksi sebuah obyek dalam gambar atau foto kebanyakan orang terutama mereka yang baru masih belajar, mereka selalu menggunakan sebuah alat yang bernama: Lasso Tool, Polygonal Lasso Tool dan Magnetic Lasso Tool. Sebetulnya ini bukan sebuah kesalahan, bahkan itu sadah sangat tepat, karena memang alat tersebut diciptakan untuk menyelaksi obyek- obyek yang kita inginkan, (maaf jika saya keliru).

Tetapi munurut pendapat saya pribadialat tersebut akan dapat berfungsi dan akan menghasilkan sebuah seleksi yang sangat baik dan rapih jika digunakan oleh mereka yang sudah memiliki keahlian yang cukup tinggi dalam bidang olah gambar menggunakan Adobe Photoshop, (maaf jika saya keliru).

# Pertanyaan: Lalu menurut admin Tool yang paling bagus dan rapih untuk menyeleksi di photoshop menurut admin itu apa?

# Jawaban: Sebetulnya didalam Program Adobe Photoshop ada beberapa Tool yang dapat digunakan terutama untuk menyeleksi foto. Menyeleksi dalam hal ini dapat diartikan “memilih sebuah obyek tertentu yang di inginkan” yang tujuan akhirnya untuk memilih, membuang atau memodifikasi yang kita seleksi sesuai dengan keinginan, (maaf jika saya keliru).

# Pertanyaan: Meurut Admin sendiri Tool manakah yang paling mudah digunakan untuk menyeleksi dengan rapih untuk pemula?

# Jawaban: Tergantung Tool mana yang paling anda kuasai. Namun jika boleh admin sarankan! Sebaiknya pelajari saja semua supaya nanti anda mengetahui bagaimana cara mereka bekerja, yang pada akhirnya anda akan tahu sendiri mana yang lebih baik.

# Pertanyaan: Kalau boleh tahu, Admin sendiri jika menyeleksi sebuah obyek yang paling sering digunakan itu Tool apa?

# Jawaban: Tergantung mood dan tergantung dari fotonya juga. Terkadang Admin menggunakan Polygonal Lasso Tool, Magnetic Lasso Tool, Quick Selection Tool. Tapi yang paling sering saya gunakan adalah Pen Tool, karena menurut saya sendiri “Pen Tool” yang paling mudah dan paling rapih untuk memotong.

# Pertanyaan terakhir: Admin kenapa tulisan Admin tidak enak dibaca dan agak semberaut kata-kata dan cara penuturannya?

# Jawaban: Mohon dimaklum, karena Admin blog ini kurang ahli atau bahkan tidak ahli berpidato layaknya mereka yang duduk dikursi putar sana, yaitu mereka yang sukanya ngibulin rakyat. Tapi Admin memiliki tekad yang kuat untuk berbagi pengetahuan kesemua orang terutama mereka yang membutuhkannya.

Dilanjut ke tutorial Teknik Menyeleksi Obyek Menggunakan Pen Tool di Photoshop CS

Contoh:
Saya disini mempunyai sebuah foto yaitu foto anak kecil yang sangat imut dan lucu. Dan saya berinat untuk mengganti background “latar belakang foto” anak itu yang menurut saya kurang menarik. 

Dan untuk membuang atau mengganti latar belakang dari foto anak imut tersebut, saya harus menyeleksi foto anak tersebut untuk memisahkan antara anak itu dan latar belakanya.

Untuk menghasilkan sebuah seleksi yang baik dan rapih, tentu kita harus memiliki kesabaran yang cukup tinggi serta dilakukan dalam keadaan tenang. Pemilihan Tool yang tepat juga akan mempengaruhi tingkat kesuksesan dalam menghasilkan sebuah foto yang berkualitas.

Sebaiknya hal yang perlu dilakukan untuk seorang pemula adalah terus mempelajari secara terus-menerus supaya mengenal bagaimana cara alat-alat tersebut bekerja yang pada akhirnya kita akan dapat mengetahui Tool manakah yang perlu digunakan saat mengedit ini, dan Tool ini untuk mengedit itu. Kembali lagi ke tutorial:

Teknik Menyeleksi Obyek Menggunakan Pen Tool di Photoshop CS.

Buka Photoshop CS berapa saja, CS3,CS4, CS5 maupun CS6 tidak jauh berbeda. Kemudian buka foto yang mau di edit dengan cara klik File> Open/ CTRL + O.  Kemudian tekan CTRL+J untuk menduplikat gambar. Pada Toolbox sebelah kiri, Klik kanan kemudian pilih “Pen Tool”. Kemudian pastikan pada bagian atas memilih Path. Lihat gambar dibawah.


Tentukan titik pertama untuk memulai menyeleksi.


Untuk melihat kerapihan hasil seleksi, silahkan klik tombol CTRL + + untuk memperbesar gambar. Jika terlihat kurang rapih silahkan pilih Add Anchor Point Tool pada Toolbox Untuk merapihkannya.



Klik dan tarik pada point untuk mengeser keatas kebawah atau kemanapun agar pas dengan tepian atau sisi obyek.


Untuk kasus seperti gambar dibawah ini silahkan klik diarea tersebut untuk menambahkan anchor point baru, kemudian geser hingga sesuai seperti gambar dibawah. Kemudian pada Toolbox ganti lagi dengan Pen Tooluntuk melanjutkan membuat seleksi.



Untuk seleksi dibagian yang membulat atau melengkung seperti gambar dibawah tidak perlu rapih. Untuk merapikannya kita bisa menggunakan kembali Add Anchor Point Tool pada Toolbox.


Pilih Add Anchor Point Tool pada Toolbox, kemudian klik di tengah antara point, kemudian geser hingga menurut anda sudah pas seperti gambar dibawah.






Jika sudah selesai, gunakan kembali Pen Tool untuk melanjutkan membuat garis path.
Lakukan hingga titik pertama ketika anda memulai seleksi. Setelah itu klik CTRL+SHIFT+ENTER Untuk merubah Path menjadi seleksi.

Demikian Teknik Menyeleksi Obyek Menggunakan Pen Tool di Photoshop CS dari saya, semoga bermanfaat. Mohon maaf jika masih banyak kekurangan disana-sini. Dan jika masih ada yang kurang jelas atau mempunyai kritik maupun saran yang ingin disampaikan kepada admin, silahkan melalui kotak komentar. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Teknik Menyeleksi Obyek yang Benar Menggunakan Pen Tool di Photoshop CS"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel