Tombol Shortcut Laptop/Notebook/Netbook Windows 7/8/10

Tombol Shortcut Laptop/Notebook/Netbook Windows 7/8/10

Bagi Anda yang masih baru menggunakan laptop maupun notebook dengan sistem operasi Windows mungkin belum mengetahui adanya beberepa tombol keyboard dan beberapa kombinasinya dapat berfungsi layaknya tetikus /touchpad yang biasa digunakan untuk mengontrol program maupun sistem komputer / laptop dan sejenisnya.

Tombol Shortcut merupakan sebuah action untuk mengalih-fungsikan sebagian perintah /kegiatan pada sistem yang biasanya dapat di akses melalui mouse maupun touchpad pada laptop /notebook.



Tombol shortcut laptop/notebook/netbook Windows 7/8/10
Tombol Shortcut dapat membantu pengguna menjadi lebih efisien dalam mengoperasikan komputer /laptop dengan sangat cepat. Hanya dengan menekan satu atau beberapa kombinasi tombol, pengguna sudah dapat mengoperasikan beberapa perintah yang diperlukan tanpa harus mengarahkan kursor mouse / touchpad kearah sana /sini, klik kanan/kiri dan lain sebagainya.

Dan untuk artikel yang saya tulis kali ini, saya tujukan khusus untuk pengguna laptop /notebook yang menggunakan sistem operasi Windows saja, sebab pada umumnya keyboard bawaan laptop maupun notebook sangat terbtas atau tidak memiliki beberapa tombol tertentu seperti keyboard terpisah pada komputer desktop dan sejenisnya.

Dan berikut ini saya akan memberitahukan beberapa Tombol Shortcut pada laptop maupun notebook windows 7/8/10 beserta kombinasinya yang dapat Anda manfaatkan untuk mempermudah Anda dalam mengoperasikan Laptop maupun Notebook Windows yang Anda miliki.

Jika Anda membaca artikel ini menggunakan perangkat komputer seperti laptop, notebook atau sejenisnya maka Anda dapat memperaktek-kannya secara langsung untuk mengetahuinya.

Tombol shortcut laptop/notebook/netbook windows 7/8/10


Tombol Windows : Berfungsi untuk membuka Start menu.

Tombol Windows + D : Berfungsi untuk mengakses Desktop.

Tombol Windows + E : Berfungsi untuk membuka jendela Windows Explorer.

Tombol Windows + F : Berfungsi untuk menampilkan jendela pencarian file dan folder(search).

Tombol Windows + L : Berfungsi untuk mengunci komputer atau beralih antar pengguna.


Tombol Windows + M : Berfungsi untuk Minimize seluruh jendela yang sedang aktif.

Tombol Windows + P : Berfungsi untuk memindahkan, menduplikat atau memindahkan layar ke LCD proyektor yang terhubung.

Tombol Windows + R : Berfungsi untuk mengakses kotak dialog Run untuk keperluan sistem.

Tombol Windows + U : Berfungsi untuk mengakses Ease of Acces Center.

Tombol Windows + F1 : Berfungsi untuk membuka Windows Help and Support.

Tombol Windows + Ctrl + F : Berfungsi untuk mencari komputer (jik tersambung dengan server).

Tombol Windows + Alt + Enter : Berfungsi untuk mengakses Windows Media Center.


Tombol Windows + + : Untuk mengaktifkan Magnifier, yaitu sebuah program yang dapat memperbesar ukuran tampilan pada layar. Gunakan tombol Windows + - untuk memperkecil tampilan, Dan Windows + Esc untuk munutup program.

Tombol Windows + ↑ (Panah atas) : Berfungsi untuk Maximize jendela aktif (Fullscreen).

Tombol Windows + ↓ (Panah bawah) : Berfungsi sebagai Restore Down (memperkecil) jendela aktif.

Tombol Windows + ← (Panah kiri): Berfungsi untuk menggeser jendela aktif ke sebelah kiri layar.

Tombol Windows + → (Panah kanan) : Berfungsi untuk menggeser jendela aktif ke sebelah kanan layar.

Tombol Windows + Tab : Berfungsi untuk menampilkan seluruh jendela yang sedang aktif dengan tampilan 3D.  Anda dapat beralih antar jendela dengan cara menahan tombol logo Windows kemudian klik tombol Tab berkali-kali untuk berpindah antar jendela.

Tombol Alt + Tab : Berfungsi untuk menampilkan seluruh jendela yang sedang aktif secara mendatar. Klik dan tahan tombol Alt, kemudian klik tombol Tab berkali-kali untuk berpindah antar jendala aktif.

Tombol Ctrl + A : Berfungsi untuk menyeleksi/membloks seluruh teks, file maupun folder.

Tombol Ctrl + Klik kiri : Berfungsi untuk memeilih/menyeleksi atau menandai beberapa folder maupun file yang diinginkan untuk disalin, dipindahkan maupun untuk dihapus secara sekaligus. Caranya tekan terus tombiol Ctrl kemudian gerakan mouse ke arah file/folder yang ingin ditandai kemudian klik kiri, lakukan juga ke file atau folder lainya

Tombol Ctrl + C : Berfungsi untuk menyalin (copy) file yang dipilih atau yang di seleksi.

Tombol Ctrl + X : Berfungsi untuk memotong (cut) file yang dipilih atau diseleksi. Contoh: Jika Anda ingin memindahkan file dari folder “A” ke folder “B” caranya tandai file didalam folder “A” tersebut dengan cara menekan tombol Ctrl + Klik kiri, jika ingin menandai semuanya silahkan klik Ctrl + A, maka semua file yang berada di folder “A” akan terseleksi, untuk memindahkan file yang sudah terseleksi silahkan klik Ctrl + X, maka secara otomatis file akan di eksekusi oleh sistem, setelah itu silahkan buka folder “B” kemudian klik Ctrl + V untuk meletakan file yang sudah di (cut) dari folder “A” tadi.

Tombol Ctrl + V : Berfungsi untuk menempelkan/menaruh teks/folder atau file yang sebelumnya telah di copy maupun di cut.

Tombol Ctrl + W : Berfungsi untuk menutup program yang sedang dibuka ( Close Window) secara cepat. Catatan: Tidak semua frogram dapat ditutup dengan menekan tombol pintas Ctrl + W, karena dengan alasan tertenu sebagian frogram /software telah dirancang khusus untuk tidak dapat ditutup (close) dengan menggunakan tombol pintas Ctrl + W.

Tombol Ctrl + Shift + Esc : Berfungsi untuk mengakses Windows Task Manager. Windows Task Manager merupakan sebuah frogram bawaan Windows yang mana fungsinya untuk melihat proses aplikasi yang sedang berjalan dalam sistem. Selain itu Anda juga dapat melihat layanan, performa, jaringan dan pengguna. Anda dapat dengan mudah untuk menghentikan berbagai proses aplikasi serta layanan-nya yang sedang berjalan dibelakang layar dengan mudah.

Penambahan Tombol Shortuch Pada Windows 10

Untuk pengguna laptop/ notebook yang menggunakan sistem operasi windows 10, microsoft telah menambahkan beberapa kombinasi tombol baru diantaranya:

Tombol Windows + A : Berfungsi untuk mengakses Action Center.

Tombol Windows + S : Berfungsi untuk mengakses Cortana.

Tombol Windows + C : Berfungsi untuk mngakses Cortana dalam mode mendengarkan.

Tombol Windows + / : Berpungsi untuk mengakses Menu Setting.

Tombol Windows + Ctrl + D : Berfungsi untuk membuat virtual desktop baru.

Tombol Windows + Ctrl + f4 : Berfungsi untuk menutup desktop yang sedang digunakan.

Tombol Windows + Ctrl + Tombol Kiri /kanan : Berfungsi untuk berpindah antar virtual desktop.

Demikian bebrapa tombol shortuch pada laptop maupun notebook windows 7/8/10 yang dapat Anda gunakan untuk mempermudah Anda dalam mengoperasikan komputer maupun laptop.  Mohon maaf jika ada yang salah dalam penyampaian maupun pengetikan. Jika mengetahui ada beberapa kombinasi tombol lainnya yang belum tertulis di atas, silahkan beritahu kami agar kami tambahkan.

Baca Juga:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel